MEMAHAMI DASAR-DASAR MESIN
SEJARAH SINGKAT MESIN DIESEL
Diesel berasal dari nama seorang insiyur dari jerman yang mengejar mesin ini pada tahun 1893, yakni Dr.Rudolf Diesel . Ia mendapat kan paten ( Rp.67207 ) berjudul Arbietsverfahren und fur Ausfuhrungsart Verbrenungsmaschinen . Pada waktu tersebut mesin itu tergantung panas yang di hasilkan saat kompresi guna menyalahkan bahan bakar. Bahan bakar ini diteruskan keselinder oleh desakan udara pada akhir kompresi.
Pada tahun 1924 Robert Bosch seorang insiyur dari jerman mengupayakan mengembangkan pompa injeksi dari pada memakai tekanan udara yang akhirnya sukses menyempurnakan gagasan dari Dr.Rudolf diesel tersebut.keberhasilanya Robert Bosch itu di rasakan hingga sekerang
MEMAHAMI DASAR DASAR MESIN
Suatu kendaraan membutuhkan adanya tenaga luar yang memungkinkan kendaraan bisa bergerak serta dapat menanggulangi keadaan, jalan, udara dan sebagainya. Sumber dari luar yang menghasilkan tenaga dinamakan mesin. Mesin adalahalat yang merubah tenaga panas, listrik, air, angin, tenaga atom atau sumber tenaga lainnya menjadi tenaga mekanik, Mesin merubah tenaga panas menjadi tenaga mekanik dinamakan motor bakar ( thermal engine )
Motor bakar ada sejumlah macam, yakni mesin bensin, mesin diesel, mesin turbin dan lain-lainny, yang menghasilkan tenaga panas yang didapatkan dari dalam mesin tersebut sendiri dinamakan motor pembakaran dalam ( internal combustion engine ) sebagai misal mesin bensin, mesin diesel, mesin turbin. Tenaga panas yang didapatkan diluar dari mesin tersebut sendiri dinamakan motor pembakaran luar ( external combustion engine ) misalnya mesin uap, mesin nuklir dan lainn-lainnya.
Karakteristik mesin bensin dan mesin diesel ialah sebagai inilah :
a. Mesin Bensin :
- Kecepatannya tinggi dan tenaganya besar
- Mudah pengoperasiannya
- Pembakarannya sempurna
- Umumnya dipakai untuk mobil penumpang dan kendaraan truck kecil
b. Mesin Diesel :
- Efisiensi panasnya tinggi
- Bahan bakarnya hemat
- Kecepatanya lebih rendah dikomparasikan mesin bensin
- Getarannya besar dan agak berisik
- Harganya lebih mahal
- Umumya dipergunakan guna niaga dan kendaraan besar/ truck/ bus
2.PRINSIP KERJA MESIN
Pada gambar skema mesin bensin, gabungan udara dan bensin dihisap kedalam silinder,
kemudian dikompresikan oleh torak ketika bergerak naik, bila gabungan udar dan bensin terbakar dengan adanya api dari busi yang panas sekali, maka bakal menghasilkan desakan gas pembakaran yang besar didalam selinder.
Tekanan gas pembakaran ini mendorong torak ke bawah, yang menggerakan torak turun naik dengan bebas didalam silinder.
Dari gerak lurus ( naik turun) torak dirubah menjadi gerak putar pada poros engkol melewati batang torak. Gerak putar berikut yang menghasilkan tenaga pad mobil.
Posisi tertinggi yang dijangkau oleh torak didalam silinder dinamakan Titik Mati Atas (TMA), dan posisi terendah dinamakan Titik Mati Bawah (TMB), jarak bergeraknya torak antara TMA dan TMB disebut tahapan torak (stroke)
0 Komentar